Cara Merawat Burung Anis Merah



Cara Budidaya Ternak – Apa kabar sobat, kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat burung anis merah. Merawat Burung Anis Merah memang menurut kebanyakan orang itu sulit dan membosankan seperti memelihara batu, namun merawat anis merah sebenarnya tidaklah terlalu ribet atau sulit seperti yang kebanyakan orang bicarakan. Hanya saja belum tahu hal apa yang harus diperhatikan dalam merawat burung anis merah adalah dengan memahami perilaku atau kebiasaan burung tersebut. Selain itu, karena burung yang satu ini sangat sensitive dan tidak mudah beradaptasi, ditambah lagi birahinya yang mudah naik, mudah jinak, dan sangat manja, bahkan pembosan. 
 
Cara Merawat Burung Anis Merah
Burung Anis Merah Hutan
Penangan Burung Anis Merah
Burung Anis Merah Berkicau

Makanan Yang Sesuai dengan  Burung Anis Merah


Ø Voer seabaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%
Ø Pemberian buah-buahan segar yang bisanya disukai burung anis merah diantarnya buah pepaya, buah pisang, Apelm Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya diusahakna pemberian pakan yang pertama adalah buah pepaya karena selain harganya yang murah buah pepaya banyak mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan buah pepaya mudah untuk dicerna dan baik untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh burung pemakan buah-buahan.
Ø EF (ectra fooding) Extrak Fooding atau pakan tambahan yang bisa diberikan anis merah seperti jangkrik, orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, kelabang, dan belalang. Pemberian pakan tambahan juga harus disesuaikan dengan kebiasaan si burung dan hal yang harus diperhatikan adalah asupan gizinya.
 
Cara Menangai Burung Anis Merah Ngedrop
Burung Anis Merah

 Perawatan Anis Merah dari Kebiasaan Harian Yang Harus Selalu  Diperhatikan:


Ø Setiap pagi kira-kira antara sekitar jam 6 – 7 pagi burung diangin-anginkan di luar selama kurang lebih 30 menit. Kemudian burung dimandikan atau disemprot, itu pun tergantung pada pola atau kebiasaan masing-masing burung. Dan jangan lupa pastikan bahwa kandang selalu dibersihkan setiap hari.
Ø Setelah dimadikan diangin-anginkan kembali, sambil diganti makanan dan minuman yang sudah lama.
Ø Selanjutnya berikan jangkrik 2 ekor pada wadah EF. Kalau bisa usahakan pada pemberian jangkrik tidak secara langsung pada burung.
Ø Sekitar jam 8 barulah anis merah kita lakukan penjemuran sekitar 1-2 jam/hari dan lama penjemuran juga tergantung kebiasaan burung masing-masing. Dan ketika penjemuran dilakukan sebaiknya jangan sampai melihat burung yang sejenis.
Ø Setelah selesai dijemur, anis merah diangin-anginkan kembali selama 10-15 menit. Kemudian dikerodong kembali.
Ø Setelah dikerodong burung anis merah dimaster dengan suara burung master yang pemilik kehendaki sampai sore sekitar jam 3 sore. Setelah itu berikan anis merah jangkarik 1 ekor pada wadah EF.
Ø Sekitar jam 15.30  anis merah diangin-anginkan kembali sambil kita semprot sedikit dan itu tergantung dari pola kebiasaan  burung anis merah itu setiap harinya.
Ø Jam 18.00 burung dikerodong untuk dimaster selama masa istirahatnya sampai pagi tiba.

Cara Menangani Burung Anis Merah Stress
Burung Anis Merah di hutan

Hal Penting Yang harus Diperhatikan Adalah Pakan Harian:

Ø Berikan kroto segar 1 sendok teh maksimal 2x seminggu, 2 ekor cacing 3 kali dalam seminggu, dan buah-buahan segar setiap hari. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi atau hari yang dikehendaki yang penting menyesuaikan dengan pola si burung.
Ø Berikan multivitamin yang dicampur pada air minum setiap seminggu sekali. Atau bisa disesuaikan dengan kondisi burung atau polanya masing-masing anis merah.
Ø Pemberian buah bisa dilakukan secara rutian setiap hari, dengan pola misalnya senin sampai kamis misal diberikan buah pepayam hari jum’at dan hari sabtu diberikan apel atau pisang atau buah jenis lainnya

Cara Mengatasi Burung Anis Merah Mabung
Burung Anis Merah Suara Merdu

Cara Mengatasi Burung Anis Merah Yang Over Birahi

Ø Kurangi porsi jangkrik menjadi 1 ekor di pagi dan sore hari.
Ø Lakukan pengembunan dari jam 05.30 hingga 06.00, kalau perlu sebaiknya porsi mandinya ditambah menjadi pola 3x sehari (pagi, siang, dan sore) atau dibuat lebih sering.
Ø Waktu penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari.
Ø Burung sebaiknya dipisahkan dari burung anis merah yang lain, usahkan jangan sampai si anis merah ini melihat ataupun mendengar anis merah yang lain untuk sementara waktu. Biarkan si anis merah ini menyendiri guna agar cepat pulih kembali.

Burung Anis Merah Dewasa

Cara Mengatasi Burung Anis Merah Yang Mulai Ngedrop

Ø Cepat-cepat untuk mengisolasi burung anis merah yang ngedrop agar tidak melihat ataupun mendengar kicauan burung sejenis atau burung anis merah lainnya untuk sementara waktu.
Ø Porsi pemberian jangkrik ditingkatkan menjadi 3 ekor pagi dan 3 ekor sore hari.
Ø Porsi pemberian kroto ditingkatkan menjadi 3x dalam seminggu.
Ø Porsi pemberian cacing ditingkatkan menjadi 2 ekor 3x dalam seminggu, dan berikan vitamin tambahan pada minuman maupun asupan gizi makanan.
Ø Porsi mandi dikurangi, menjadi 2 kali sehari.
Ø Penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari.

Perawatan Anis Merah Menjelang Lomba

Ø H-3 sebelum lomba porsi pemberian jangkrik 2 ekor pagi dan 2 ekor sore atau lebih banyak dari hari-hari biasa.
Ø H-2 sebelum lomba, burung dijemur maksimal 30 menit.
Ø Satu jam sebelum di gantang lombam, burung anis merah dimandikan dan diberikan jangkrik 1 ekor.
Ø Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan jangkrik 1 ekor lagi.
 
Cara Mengatasi Burung Anis Merah Over Birahi
Burung Anis Merah Predator

Hal Yang Harus Diperhatikan Menjelang Lomba

Ø Sebaiknya joki burung anis merah adalah orang yang tidak pernah terlibat dalam perawatan harian.
Ø Sebaiknya jangan memberikan ulat hongkong kepada burung anis merah, karena dikahwatirkan dengan pemberian ulat hongkong malah akan memicu birahi burung anis merah naik dan tidak stabil.
Demikian informasi yang dapat saya sajikan mengenai cara merawat burung anis merah. Semoga dapat bermanfaat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda, khususnya anda para penghobi atua kicau mania yang berdomisili didalam negeri maupun luar negeri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Burung Anis Merah"

Posting Komentar