Penyakit Marek Ayam

penyakit marek ini adalah salah satu momok bagi peternak ayam, kenapa sampai dibilang momok?ya karena mengatasi penyakit yang satu ini memang bisa dibilang susah, sekali virus ini menyerang sudah tidak ada lagi harapan, menurut Dr. Sauvani J. "penyakit marek Disebabkan oleh virus tipe DNA yang tergolong herpes tipe B. Marek diidentikan dengan penyakit anak ayam, meskipun demikian penyakit ini juga dapat menginfeksi ayam yang lebih tua. Anak ayam terserang adalah kelompok umur 3-10 minggu. Umur 8-9 minggu merupakan umur yang paling rawan. Penularan dapat terjadi secara kontak langsung, kotoran ayam, debu dan peralatan kandang". Marek dapat menimbulkan beberapa variasi gejala klinis, antara lain:

Ayam Lumpuh Terserang Virus Marek
Ayam yang terkena Penyakit Marek
  •  Marek tipe visceral
Ditandai dengan lesi pada gonad, hati, limpa, ginjal dan kadang-kadang pada jantung, paru dan otot. Penyakit ini biasanya akut, rupanya unggas yang sehat akan mengalami kematian secara cepat dengan tumor internal yang masif.

  •  Marek tipe neural
Ditandai dengan kelumpuhan yang progresif pada sayap, kaki dan leher. Penurunan berat badan, anemia, kesulitan bernapas dan diare merupakan gejala yang sering ditemukan .
Mengobati Lumpuh Pada Ayam
Marek Pada Ayam
  • Ocular leucosis atau “gray eye”
Morbiditas dan mortalitas biasanya sangat kecil tetapi disebutkan mendekati 25%. Gejalanya dikarakteristikan denganspotty depigmentation atau diffuse graying pada iris mata. Pupil mata berbentuk irregular dan gagal bereaksi terhadap cahaya. Diare berat dan kematian.

  • Skin leukosis
Pembesaran folikel bulu karena akumulasi limfosit.

Pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan vaksinasi pada DOC berumur 1 hari dengan vaksin Cryomarex HVT atau Cryomarex Rispens. Ayam yang terinfesi sebaiknya dimusnahkan agar tidak menularkan ke ayam yang sehat. 

Mencegah Virus Marek dengan Vaksin Cryomarex HVT
Vaksin Cryomarex HVT

Nah dari keterangan diatas salah satu pencegahan adalah dengan vaksinasi, tetapi vaksin yang beredar untuk penyakit marek dosis nya sangat besar, paling sedikit adalah 500 dosis ayam, dan harganya juga lumayan ini adalah masalah bagi yang mempunyai peternakan sekala kecil dibawah 200 ayam, karena vaksin ini sekali pakai setelah segel dibuka, jadi upaya pencegahan yang tepat adalah dengan menjaga kebersihan kandang tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Marek Ayam"

Posting Komentar